Layanan CMS Blog

27 03 2010

CMS (Content Management System) merupakan sistem aplikasi untuk mengelola content dari website. Dengan adanya CMS maka content website dapat diatur dengan mudah, bahkan oleh orang awam pun. Banyak sekali CMS yang beredar dipasaran mulai dari gratis sampai yang bayar. Mulai dari yang memakai bahasa PHP, sampai ASP.NET.

Contoh layanan blog gratis, adalah:

  1. Tumblr
  2. Posterous

—–TUMBLR—–

Fitur photo replies, ini merupakan hal baru, karena biasanya fitur reply bersifat teks yaitu dengan mem-post komentar atau re-blog, sebuah fitur yang mirip dengan embed ala YouTube dan memungkinkan konten blog menyebar dengan cepat dan memberikan efek viral yang besar. Tapi  fitur photo replies bisa anda aktifkan untuk memberikan peluang bagi pembaca blog anda untuk memberikan komentar dalam bentuk foto. Fitur ini bisa diaktifkan ketika anda akan mem-post konten ke blog anda di Tumblr, maka akan ada pilihan ‘let people photo reply’ di bagian kanan bawah form posting. Kita tinggal meng-klik fitur itu untuk mengaktifkan reply post dari follower anda dalam bentuk foto. Tetapi fitur ini hanya memiliki waktu 48 jam dari tanggal 8 februari kemarin untuk mencoba fitur ini.

Fitur yang berhubungan dengan recommended blog, kini dashboard akun Tumblr sewaktu-waktu akan memunculkan rekomendasi blog dari orang yang ada ikuti. Fitur ini bisa anda kunjungi di fasilitas directory yang ada dibagian atas halaman dashboard. Fitur ini akan muncul di bagian kanan bawah dashboard .

—–POSTEROUS—–

Posterous adalah layanan blog hosting yang gratis. Kita bisa posting terus lewat e-mail ke satu alamat saja, yakni post@posterous.com. Posterous mengkhususkan diri melayani pengiriman posting melalui e-mail. Layanan ini cocok untuk para mobile blogger, pemakai peranti genggam, seperti PDA, SmartPhone, iPhone, atau BlackBerry. Kita bisa melampirkan dokumen sampiran apa pun, teks, foto, audio, tau video, baik yang berformat .doc, .jpg, .gif, .ppt, .pdf, .png, maupun .mp3. Subyek pada e-mail akan menjadi judul posting, dan isi e-mail menjadi isi posting.

Sedangkan dokumen sampiran secara otomatis akan muncul di bagian bawah setiap posting. Kalau baru pertama kali, kita bahkan tidak perlu sign-up. Cukup kirim e-mail pendaftaran saja ke post@posterous.com. Selanjutnya, secara otomatis dia akan membuatkan satu blog. Kita tinggal melakukan verifikasi e-mail yang sudah didaftarkan tadi. Setelah blog tercipta dan kita telah melakukan verifikasi e-mail, kita tinggal mengirim e-mail lagi jika hendak membuat posting baru.

Begitu seterusnya. Berdasarkan alamat e-mail yang kita berikan itulah dia akan meneruskan setiap posting ke blog kita masing-masing di Posterous. Dan, tidak mungkin salah alamat. Kita bisa ngeblog terus, kapan saja, and dimaaaaaana saja.😀

Kita juga dapat mendaftar dan membuat posting langsung lewat web seperti biasanya. Setiap posting bisa dikomentari di halaman yang sama, persis blog di WordPress. Kita bahkan diberi kesempatan membuat jaringan pertemanan dengan fitur subscribe [RSS].

Hanya saja, Posterous memiliki beberapa kekurangan. Dia tak menyediakan pilihan theme blog. Kita tidak bisa mengutak-atik kode HTML atau CSS di Posterous. Jadi, desain pemilik blog di Posterous akan terlihat sama semua.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: